Jumat, 07 Desember 2012

Tips Sukses Usaha Kursus Komputer

tips membuka usaha  Kursus Komputer
Usaha kursus komputer ini bisa dijalankan dengan modal kecil dari rumah Anda. Usaha ini bermodalkan keahlian dan hobi Anda akan dunia komputer.

Seperti kita tahu bahwa salah satu ketrampilan yang harus anda miliki selain bahasa Inggris ialah kemampuan menggunakan komputer. Komputer menjadi salah satu sarana penting yang dapat membuka wawasan anda. Selain itu juga anda akan merasa lebih mudah saat mengerjakan berbagai macam tugas.

Dewasa ini, masih ada beberapa orang yang merasa bingung jika ingin melamar kerja namun tidak memiliki ketrampilan akademis yang tinggi.
Usaha kursus komputer ini akan sangat mudah dilakukan jika Anda membangunnya dari usaha kecil yang dijalankan di rumah. Awalnya anda dapat mencoba untuk membuka kursus ini secara rumahan.

Usaha kursus komputer ternyata sangat diminati belakangan orang termasuk juga di beberapa tokoh utama yang kerja di kursus juga. Ini akan menjadi salah satu peluang emas yang dapat membantu anda untuk mendapatkan banyak peminat.

Tips memulai usaha kursus komputer ini dari rumah adalah jika anda memiliki ruangan yang luas, minimal 50 meter persegi, saya kira sudah cukup untuk membuka usaha ini. Tentu saja selain ruangan yang dibuat nyaman, seperti tata letak meja komputer, ruang AC, pengharum, dsb yang tidak kalah pentingnya adalah minimal Anda bisa sediakan komputer/laptop sebanyak 6 buah, kursi dan meja komputer, papan tulis whiteboard, dll

Usaha kursus komputer ini adalah usaha jasa yang mengandalkan keahlian, sehingga syarat mutlak jika anda akan membuka usaha ini adalah menguasai beberapa materi pelatihan yang terkait dengan usaha kursus komputer ini seperti misalnya design grafis, microsoft office, photoshop, membuat website,  dll

Kursus komputer merupakan salah satu jenis kursus yang paling banyak diminati, terutama karena keahlian menggunakan komputer dibutuhkan di hampir semua bidang kerja dan menjadi salah satu syarat utama yang diajukan di banyak iklan lowongan kerja.

Usaha kursus komputer ini didasarkan pada keahlian, sehingga sekalipun bisa dimulai dari rumah itu tidak menjadi masalah karena jika anda ahli dalam urusan teknologi komputer maka murid anda akan banyak.
Berbeda dengan jenis kursus seperti kursus mata pelajaran sekolah, kursus jahit atau kursus melukis, misalnya, kursus komputer tidak hanya membutuhkan tenaga pengajar serta ruang melainkan juga teknologi yang dapat mendukung proses pengajaran.

Jika anda berminat, berikut adalah 4 tips sukses membuka kursus komputer termasuk hal-hal yang harus anda siapkan dalam hal piranti keras (hardware), piranti lunak (software) serta iklan.

1.Tempat kursus komputer yang nyaman
Untuk memulai kursus komputer ini, anda bisa gunakan bagian dari rumah anda, idealnya supaya tempat belajarnya nyaman, paling tidak anda harus menggunakan ruang minimal 50 meter persegi, berikan AC, pengharum ruangan, papan white board, kursi lipat yang bisa untuk menaruh laptop.
Biasanya kursus komputer seperti ini mewajibkan siswa untuk memiliki laptop sehingga ketika proses belajar mengajar dimulai itu akan memudahkan anda, paling tidak anda tidak harus menyediakan banyak perangkat komputer sebagai sarana belajar mengajar.

2. Memilih Piranti Keras dan Lunak
Jika misalnya anda ingin menyediakan sarana belajar seperti komputer maka teknologi piranti keras yang dibutuhkan untuk sebuah kursus komputer sudah pasti membutuhkan kemampuan untuk melaksanakan tugas berat.
Anda bisa mengusahakan agar tiap-tiap komponen memiliki kemampuan untuk menerima tugas berat sekaligus menghemat listrik; misalnya, anda tidak perlu memilih komputer dari jenis yang terlalu mahal namun pastikan tetap bermutu.
Pilih komputer dengan layar LCD yang lebih hemat listrik dan memiliki memori paling tidak 2 GB serta hard disk minimal 300 GB.
Jangan lupa membeli stabilizer agar komputer tidak cepat rusak karena sering dipakai dan pasang LAN Card untuk pelajaran yang berkaitan dengan internet.

Untuk piranti lunak, pilihlah program-program standar yang pasti digunakan dalam dunia kerja seperti Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, Java, Visual Basic dan sebagainya.
Anda juga bisa menambahkan piranti lunak untuk bidang-bidang khusus seperti Adobe Premiere (penyuntingan video), 3D Studio Max dan Archicad (arsitektur) dan sebagainya.

3.Tentukan Sasaran Konsumen
Untuk usaha kursus komputer ini harus tepat sasaran, karena tidak semua orang bisa menjadi sasaran dari usaha anda.
Bisa jadi anda mengkhususkan untuk anak-anak usia sekolah sampai dengan SMU, misalnya.
Adapun program yang ditawarkan adalah hal-hal yang akan mendukung siswa tersebut dalam belajar di sekolah maupun ketika nanti kuliah seperti misalnya kursus komputer tentang design grafis, microsoft office, membuat website, photosop, corel, dll

4. Membuat Iklan Usaha Kursus Komputer
Setelah anda memiliki ruang dan teknologi, anda harus membuat iklan untuk mencari staf pengajar, admin serta murid.
aat ini, mengiklankan sebuah tempat kursus sangat mudah berkat adanya teknologi internet dan media sosial.
Akan tetapi, anda juga harus memperhitungkan orang-orang yang gemar mencari informasi lowongan kerja atau kursus lewat koran, sehingga tidak ada salahnya anda mencantumkan iklan promosi tempat kursus serta iklan lowongan kerja untuk mencari guru di koran.
Jika anda ingin iklan anda menonjol, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk membuat iklan yang lebih menyolok ketimbang hanya memesan iklan baris.
Potensi keuntungan yang bisa didapat dari usaha kursus komputer ini bisa mencapai  70% dari omset pemasukan.

Analisa Pendapatan Yang Akan Diperoleh Dari Usaha Kursus Komputer:

Modal Awal
Komputer ( 6 buah x @ Rp 2.500.000,00 ) Rp 15.000.000,00
Paket Kursi dan meja  komputer             Rp  1.500.000,00
Peralatan pendukung (white board, alat tulis, rak buku, dll)   Rp  750.000,00
Total Modal Sarana                                Rp 17.250.000,00

Biaya Operasional Tetap
Gaji 2 karyawan part time x @ 800.000,00          Rp  1.600.000,00
Listrik, Internet dan telepon                       Rp    750.000,00
Total                   Rp  2.350.000,00
Biaya Tidak Terduga 10% Rp. 235.000,00
Total Pengeluaran Rp. 2.585.000,-

Perhitungan Pemasukan Tiap Bulan
Target peserta kursus 30 Orang @ 200.000 per paket tutorial kursus komputer
yang diambil, seminggu 2x terkumpul pemasukan Rp. 6.000.000,-
Biaya pendaftaran @ Rp. 20.000,- x 30 = Rp. 600.000
TOTAL PEMASUKAN Rp. 6.600.000,-

Laba per bulan
( Rp 6.600.000,00 – Rp 2.485.000,00 )    = Rp   3.515.000,00
BEP Usaha Kursus Komputer
( Rp 36.000.000,00 : Rp 1.500.000,00 )    = +/-    6 bulan
Anda berminat?

Sumber :
http://usahakecilmodalkecil.com/usaha-kursus-komputer.html

Artikel Terkait

3 komentar:

Cream Pemutih Ketiak mengatakan...

saya suka blog anda, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari anda. apakah anda menjalankan situs lain????

admin mengatakan...

Terima kasih.. ini juga msh jauh dr sempurna, tp saya sng bs memberikan info yg bermanfaat bagi orang lain. Jika anda tertarik melihat blog saya yang lain...buka aja drfamily354.blogspot.com, blog share info tentang keluarga dll.

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya BPK ROSIKIN asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon mbah hardjo utomo,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan mbah hardjo utomo silahkan hub 085397835554 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB MBAH HARDJO UTOMO 085397835554,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb