Apakah anda tertarik membuka usaha event organizer?
Berikut ini ada beberapa info menarik tentang bagaimana sukses membuka usaha event organizer.
Bagi anda yang memiliki usaha event organizer, disarankan anda
mengikuti beberapa tips dan saran di bawah ini agar usaha anda tersebut
bisa lancar dan memberikan keuntungan yang sepadan dengan jerih lelah
anda dan tim.
Syarat agar usaha event organizer ini bisa sukses biasanya terletak pada 7 hal mendasar di bawah ini:
1. Sebelumnya Anda memiliki atau sering terlibat pada acara-acara
penyelenggaraan di banyak event-event dari usaha event organizer milik
orang lain.
Bisa jadi sebelum memutuskan untuk memiliki usaha event organizer
sendiri, anda memang memiliki bakat/passion dibidang ini dengan sering
terlibat dalam acara-acara even baik itu dibelakang layar, marketing
maupun turun langsung dilapangan.
2. Anda memiliki rekanan/tim yang “otak kanan” artinya banyak
berpikir kreatif dan inovatif ketika membuat rencana sebuah even karena
ini adalah modal yang berharga.
Anda bisa membuat proposal atau menawarkan jasa event organizer
kepada perusahaan-perusahaan corporat karena ide usaha anda unik dan
menarik.
Dengan modal ide kreatif dan bisa membuat event yang menarik maka
bisa menarik banyak perusahaan-perusaha besar seperti provider, rokok,
dll untuk mau bekerjasama membuat event dengan anda.
3. Anda memiliki relasi bisnis baik dari klien/sponsor yang mengenal
kredibilitas Anda. Semakin banyak relasi yang anda kenal akan membuat
laju usaha event organizer milik anda berkembang cepat. Karena usaha
event organizer ini bisa sukses karena faktor kepercayaan dari
klien/sponsor
4. Memiliki modal usaha untuk pembiayaan sebuah even. Terkadang
sebagai pelaku usaha event organizer, anda harus mau menanggung dulu
biaya event, baru setelah itu dari pihak sponsor akan menggantinya.
Dengan kata lain, anda harus memiliki uang yang cukup sebagai modal
awal menjalankan usaha event organizer ini karena tidak semua
sponsor/rekanan bisa membayar 100% di muka. Bahkan terkadang event sudah
selesai sekian bulan, baru sanggup melunasi.
5. Memiliki tim kerja yang profesional. Terkadang anda harus
bekerjasama dengan banyak pihak demi suksesnya sebuah event, karena itu
dengan memiliki banyak rekanan, diharapkan anda akan mendapatkan tim
kerja yang profesional dan cakap sebagai partner kerja anda di lapangan.
So, pastikan anda memiliki anak buah yang professional dan bisa
diandalkan agar event yang anda rencanakan bisa terlaksana sesuai dengan
rencana dan tidak membuat malu usaha event organizer yang sedang anda
rintis.
6. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi kepada
pelanggan/klien/sponsor anda apabila anda telah menemukan rencana event
yang tepat untuk mereka.
Komunikasi antara pihak event organizer dan pelanggan sangat penting
agar tercipta event yang sukse dan tidak ada masalah di kemudian hari.
Anda bisa memberikan nomer yang bisa dihubungi oleh pelanggan dimana
kemudian anda dan pelanggan bisa mengadakan diskusi dan pertemuan untuk
membahas event organizer yang anda rencanakan.
7. Jangan lupa untuk memberitahukan kepada publik bahwa anda memiliki
usaha event organizer, caranya tidak lain dan tidak bukan adalah
melakukan promosi.
Promosi sangat penting untuk membuat pelanggan tahu bahwa anda
menjual jasa event organizer ini. Apabila anda sukses membuat sebuah
event dan pelanggan merasa puas, pelanggan anda tersebut akan secara
tidak langsung mempromosikan jasa anda kepada teman-temannya sehingga
usaha anda akan menyebar ke publik dengan sendirinya.
Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi anda sehingga anda tidak
perlu mengeluarkan banyak waktu dan uang untuk melakukan promosi. Satu
hal yang terpenting dalam jasa ini adalah berikan sesuatu yang terbaik
kepada pelanggan anda.
Nah jika anda berniat menjalankan usaha event organizer ini maka 4 hal berikut ini harus masuk pada prioritas kerja anda, yaitu:
1. Anda harus bisa memilih pasar ceruk yang spesifik, karena tidak mungkin anda head to head dengan pemain lama, jadi anda harus bisa memilih siapa target market dari usaha event organizer ini
2. Jasa apa saja yang bisa anda tawarkan untuk usaha event organizer
ini, apakah untuk seluruh acara atau hanya terbatas acara tertentu saja,
misalnya seminar, workhsop, pameran, dll
3. Survey kompetitor Anda dan buatlah penawaran jasa yang terjangkau dan kompetitif bagi klien/customer anda
4. Buatlah strategi promosi yang unik, dan bisa cepat diketahui oleh
target market anda, bisa dalam bentuk program maupun penawaran-penawaran
discount spesial bagi customer yang ingin menggunakan jasa usaha event
organizer anda.
Semoga bermanfaat:)
Sumber :
http://usahakecilmodalkecil.com/usaha-event-organizer.html
0 komentar:
Posting Komentar