Senin, 03 Desember 2012

Kisah Sukses di Bisnis Event Organizer (EO)

KISAH SUKSES BISNIS EVENT ORGANIZER
“NURIDO DECORATION”

 
 Sebelum kita membahas tentang kisah sukses bisnis EO “ NURIDO DECORATION”, terlebih dahulu kita harus tahu apa yang dimaksud dengan Event Organizer atau lebih kita kenal dengan sebutan EO. Event Organizer secara istilah mempunyai arti penyedia jasa penyelenggara sebuah acara. Pada dasarnya sebuah event organizer itu memiliki tugas membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang diinginkan, seperti launching product, company gathering, anniversary, exhibitions, seminar, promosi talkshow dan sebagainya, dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik. Event-event yang biasa ditangani sebuah event organizer  berupa pertunjukan musik, pameran produk (buku, mobil, computer, kerajinan), hingga ke pernikahan. Dalam menjalankan peran pada sebuah event acara, sebuah EO bertugas untuk mengkoordinasi, melayani, mensupport kepentingan yang bersangkutan, misalnya trainer, trainee, vendor training, transportasi, media massa, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan menyewa sebuah event organizer, Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan sebuah event karena semua hal yang berkaitan dengan jalannya event tersebut sudah dikerjakan oleh Event Organizer.
 
Dan untuk itu, disini kami akan membahas suatu Event Organizer pada dekorasi pernikahan. Karena menurut kami dalam  dekorasi pernikahan masih mempunyai peluang yang bagus dalam bidang bisnis untuk masa yang akan datang. Karena setiap orang yang ingin melangsungkan pernikahan sudah pasti membutuhkan jasa ini.
 
KASUS
 
”Nurido Decoration” adalah usaha yang khusus untuk keperluan pernikahan. Berawal dari modal hasil menjual sepeda motor seharga 7 juta, dan tambahan pinjaman dari saudaranya sebesar 10 juta, kini ia bisa menghasilkan sedikitnya 100 juta perbulan. Bagi yang belum tahu cerita atau belum tahu rahasianya mungkin akan bilang itu tidak mungkin, tetapi itulah kenyataannya. Awalnya modal yang ia miliki dibelikan sebuah ukiran lengkap dari jepara, seperti meja kursi, dan background pelaminan seperti adat jawa pada umumnya. Lalu alat tersebut ia sewakan sebesar 800 ribu sampai 1,5 juta. Dari hasil tersebut ia kumpulkan dan membeli lagi peralatan yang lebih mewah seharga 65 juta. Alat mewah ini disewakan dengan harga 7,5 juta. Ini jauh lebih murah dari tempat-tempat lain.
 
Berbekal pengalamannya mengurusi catering disetiap acara pernikahan, dan banyaknya relasi membuat bisnis ini cepat berkembang. Selain itu sebagai sampingan ia bekerjasama dengan catering-catering, ia menawarkan sebuah paket, tentu akan menambah pemasukkan tersendiri dari cateringnya. Dalam pernikahan yang paling sering dibutuhkan adalah dekorasi, catering, foto dan video. Ini belum termasuk undangan, souvenir, dll, dan ini yang belum tersentuh di sini.
 
Dalam sebulan tidak kurang dari 25 job ia terima, jika dihitung 4 juta saja pemasukkan bersihnya, maka sudah mendapatkan 100 juta dalam sebulan. 25 kali dalam sebulan itu memang sepertinya mudah. Karena banyaknya gedung-gedung pertemuan yang sudah ia lobi, jadi sangat minim sekali dalam beriklan, bahkan tidak pernah, hanya bermodal kartu nama saja. Hari yang paling banyak job adalah sabtu dan minggu. Ia sering menolak job karena alat yang tidak mencukupi. Jadi misalnya pagi ia bisa menerima 5 job, sorenya juga bisa menerima 5 job. Maka sering dalam sehari bisa mendapatkan 5 atau 8 job. Padahal bunga yang ia pakai pagi hari masih dapat dipakai untuk sore hari, jadi bisa lebih hemat lagi.
 
ANALISIS
 
Dari contoh kasus di atas dapat kita lihat bahwa modal kecil tak menutup kemungkinan untuk memperoleh kesuksesan. Disamping itu, harga yang diberikan oleh ”Nurido Decoration” lebih murah dibandingkan dengan tempat lain. Akan tetapi, dengan harga yang lebih murah  bukan berarti pelayanan yang diberikan pun buruk. Justru suatu bisnis itu harus mempunyai dasar kepuasan untuk pelanggan. Sehingga pelanggan yang sudah mempercayai kita dalam mengisi acaranya dapat dengan puas dan tidak merasa kecewa dengan pelayanan yang kita berikan. Terlebih lagi ”Nurido Decoration” mempunyai pengalaman mengurusi catering, sehingga ia mampu bekerjasama dengan catering-catering lainnya dengan memberikan paket dekorasi beserta catering. Dan bisnis yang sudah berjalan pun mempunyai biaya pemasukan untuk memperluas bisnisnya. 
 
KESIMPULAN
 
Bisnis ini jika tahu celahnya memang sangat menguntungkan, tidak jarang banyak orang berebut dalam bisnis ini. Karena modalnya yang hanya sekali dan bisa dipakai berulang. Selain itu mempunyai banyak relasi membuat suatu bisnis dapat berkembang dengan pesat. Dengan mempunyai prinsip ingin memberikan kepuasan kepada pelanggan, mempunyai rasa saling percaya, serta memiliki ide kreatif dan inovatif dapat dijadikan modal dasar dalam berbisnis. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikannya, hanya dengan bermodalkan sebuah kartu nama pun seperti contoh kasus di atas sebuah bisnis dapat berkembang, asalkan pelayanan yang diberikan memuaskan dan harga yang diberikan terjangkau dan tetap tidak mengurangi kualitas yang dihasilkan. 
 
Semoga contoh kasus di atas dapat memotivasi kita untuk memulai bisnis. Jika peluang sudah  ada jangan pernah ditunda-tunda. Just do it..!!!

Sumber :
http://bi.konblog.com/nurido-decoration-kisah-sukses.html

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb