Rabu, 05 Desember 2012

Tips Membuka Usaha Kursus Bahasa Asing

tips membuka Kursus Bahasa Asing
Tertarik untuk membuka usaha kursus bahasa asing dari rumah anda sendiri?

Kursus bahasa asing ini bisa dimulai dari rumah dengan modal kecil karena usaha ini berdasarkan pada keahlian anda/tim dalam menguasai bahasa asing.
Kursus bahasa asing yang selalu dicari biasanya adalah kursus bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa mandari, bahasa perancis.

Dalam membangun sebuah usaha, perencanaan, pemikiran serta perancangan yang matang turut menentukan keberhasilan bisnis anda.

Berikut tips membuka usaha kursus bahasa asing yang dapat anda jadikan acuan.

1. Perencanaan Service dan Nama Usaha
Pada tahap ini, buatlah perencanaan tentang paket kursus yang akan diberikan serta segmentasi pasar.
Tentukan apakah anda khusus membuka kursus bahasa asing tersebut untuk siswa SD, SMP, SMU atau mahasiswa ataukah keseluruhannya. Sesuaikan dengan kemampuan anda serta SDM yang kemungkinan anda punya.
Buatlah juga nama usaha anda. Pastikan nama tersebut mencerminkan jenis usahanya serta terkesan unik namun mudah diingat.

2. Persiapan Berbagai Properti Yang Dibutuhkan
Properti yang paling menyita banyak modal adalah tempat usaha. Alih-alih menghabiskan banyak dana, memanfaatkan properti yang anda miliki dapat menjadi pilihan, jika memungkinkan.
Gunakan ruangan yang cukup lebar dan pencahayaan baik. Pilih bagian ruangan yang dapat mudah terakses dari luar.
Persiapkan berbagai property lain yang dibutuhkan seperti telepon, meja, kursi, papan tulis serta spidol. Untuk operator telepon, anda dapat memperkerjakan orang terdekat anda, agar tidak memperbesar biaya modal awal.

3. Persiapan Promo Marketing
Marketing/promosi adalah kunci yang menentukan apakah anda dapat menarik orang tertarik bergabung di kursus bahasa asing milik anda. Sehingga, penting bagi anda untuk pempersiapkannya sematang mungkin dengan mempertimbangkan berbagai faktor.
Buatlah persiapan promosi/marketing termasuk brosur, leaflet dan poster dengan isi penawaran dan manfaat yang menarik. Persiapkan 1 hingga 2 rim untuk promosi tahap awal sehingga orang akan dapat dengan mudah mengetahui keberadaan kursus bahasa asing milik anda.

4. Penyebaran Promosi
Tahap terakhir adalah menyebarkan marketing kit dengan pemilihan lokasi yang sesuai dengan segmentasi usaha kursus bahasa asing anda.  Untuk tahap awal, batasi penyebaran diwilayah-wilayah yang paling potensial.
Setelah melaksanakan semua langkah dengan baik, berdoa dan bersiaplah untuk menyambut dan melayani customer anda yang datang. Jangan lupa untuk memberikan kesan pertama yang baik agar customer berminat.

Selain 4 hal diatas, yang harus masuk pada daftar list dari rencana kerja anda untuk mengembangkan usaha kursus bahasa asing ini adalah :
1. Cadangan modal untuk biaya operasional minimal 6 bulan, sehingga proses operasional usaha terus berjalan sampai mendapatkan keuntungan
2. Pengajar yang handal yang menguasai bahasa asing tertentu yang ditawarkan di kursus bahasa asing di tempat anda
3. Buku – buku penunjang bahasa asing, seperti misalnya: bahasa inggris, jepang, mandarin, dll
4. Kaset rekaman bahasa asing

Semoga bermanfaat...

Sumber :
http://usahakecilmodalkecil.com/kursus-bahasa-asing.html

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb