Jumat, 28 Desember 2012

Tips Sukses Memilih Bisnis MLM

MLM dipercaya dan diyakini sebagai salah satu Bisnis yang menjanjikan. Namun, dalam perkembangannya, begitu banyak orang yang Alergi, Antipati, bahkan membenci setengah mati. Sebelum saya membahas tips suksesnya, saya coba jelaskan dulu di sini alasan mengapa orang membenci MLM.

Apa saja penyebab orang membenci MLM?

Dari hasil pencarian saya, ada 8 alasan orang membenci MLM :
  1. Sistem piramida, yaitu siapa yang daftar lebih dahulu maka dialah yang akan berhasil. Kita bekerja sekeras apapun tidak akan pernah bisa memiliki penghasilan yang sama apalagi lebih besar dari orang yang di atas kita.
  2. Fee recruitment, kita akan mendapatkan bonus dari uang pendaftaran setiap orang yang kita rekrut. Misalnya, apabila kita bisa mendapatkan Rp 20.000,-/ anggota dan mampu mendapatkan 100 orang maka kita akan mendapatkan “gaji” sebesar Rp 2.000.000,-. Pertanyaannya, uang tersebut memang “gaji” kita atau hasil “membodohi” orang?
  3. Belanja wajib/bulan, begitu sudah menjadi anggota biasanya kita akan “dipaksa” melakukan pembelian wajib bulanan. Sebenarnya produk mereka ini layak jual atau tidak?
  4. Produk tidak jelas, rata-rata produk MLM tidak memiliki sertifikasi, karena ini di Indonesia, minimal produk MLM harus memiliki sertifikat Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (APLI).
  5. Tiba-tiba menghilang, setelah banyak mendapatkan “mangsa”, banyak bisnis MLM yang tiba-tiba menghilang. Begitu dikonfirmasi tentang kantor mereka ternyata hanya kontrak.
  6. Perpanjang tiap tahun, kita diwajibkan untuk “daftar ulang” tiap tahun dan harus membayar biaya perpanjang. Konyol kan? KTP saja cukup lima tahun sekali :)
  7. Tidak transparan, dengan mudahnya orang yang di atas akan membodohi kita karena dia yang lebih tahu jaringan dibawahnya. Kita hanya bisa pasrah saja apa kata “upline”.
  8. Semakin tinggi peringkat otomatis semakin besar kewajiban kita untuk beromzet, mereka selalu menjanjikan pasive income, nyatanya semakin tinggi peringkat, semakin besar juga kewajiban untuk beromzet.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan, penyebab MLM dibenci? Kalau menurut saya ada lagi tambahan selain yang 8 di atas, misal :
  • Harus kelayapan cari orang untuk dipresentasikan
  • Harus pandai presentasi
  • Kadang membohongi downline, dengan iming-iming bonus besar , padahal dia sendiri belum punya BONUS,
  • dan sebagainya, dan sebagainya… Bisa Anda tambahkan di komentar ya Alasannya…
Nah, bagaimana supaya bisa sukses menjalankan bisnis MLM ? Saya di sini mencoba menjawab dari 8 hal di atas, dan tambahannya dengan memilih Bisnis MLM yang tepat.

Supaya Sukses di bisnis MLM, maka pilihkah MLM yang:
  1. Bersistem Binary. Sistem ini bisa menjawab pernyataan siapa yang daftar duluan, dia yang lebih sukses. Banyak sistem binary yang dijalankan oleh MLM-MLM Modern, yang sangat menguntungkan member. Kita bisa melebihi Omset Upline, jika upline kita tidak kerja. 
  2. Fee Recruitment disesuaikan dengan Produk yang dibeli member/downline anda. Di pembahasan diatas, fee ini dikatakan hasil membodohi member. Ini tergantung MLM nya, apakah ada produk yang dijual dan benar-benar produk bagus, bukan ecek-ecek, atau hanya menjual sistem tanpa ada produk? Saya contohkan saja dari salah satu MLM. Anda akan mendapatkan Fee atau bonus, sesuai produk yang dibeli member/downline Anda. Dan di sini ibaratnya Anda menjual paket produk ke member Anda, dan Anda mendapatkan uang dari produk yang terjual tersebut. Jadi memang ada transaksi dan sudah disepakati, bonus Anda berapa per transaksi penjualan paket. Dan ini transparan. Jadi, Anda mendapatkan Bonus dari hasil penjualan Anda ke Downline Anda, dan itu dibayarkan oleh perusahaan ke Anda. Ini hampir sama saja dengan komisi penjualan bisnis konvensional lainnya. Bisa dimengerti ya… :)
  3. Belanja perbulan tidak wajib dilakukan member. Carilah MLM yang Tanpa harus tutup poin/belanja wajib walaupun ini susah kita dapatkan. MLM Yang Baik adalah MLM itu memisahkan keuntungan antara member yang melakukan Tutup poin/belanja bulanan dangan yang tidak. Boleh juga Anda request pembayaran sesuai keinginan Anda. Ini salah satu konsep MLM Masa depan, Bonus dibayarkan sesuai permintaan kita. Hanya saran saya, lebih baik segera ditransfer ke rekening kita saja. Adapun belanja wajib bulanan, itu juga jika Anda minat, dan memang setelah dihitung, Anda akan mendapatkan bonus yang lebih besar  daripada belanja yang Anda keluarkan. Dan di sini, Anda bisa belanja tanpa mengeluarkan uang, yaitu dari Dana Automain (program ke depannya).
  4. Produknya jelas dan Bermanfaat. Biasanya MLM yang berbau penipuan yang produknya tidak jelas. Mereka hanya memanfaatkan Sistem MLM sebagai kedok saja.
  5. MLM tersebut memiliki Kredibilitas yang jelas (Meyakinkan adanya dan nyata). Termasuk yang merekomendasikan MLM kepada Anda pun, harus yang Kredible juga. OK…!!!
  6. Tidak Wajib Perpanjangan Keanggotaan tiap tahun. Sebenarnya ini sah-sah saja, asalkan tidak memberatkan member, sebagai bukti member serius menjalankannya. Tapi, biasanya MLM Modern yang saya jalankan, hal ini tidak menerapkan ini.
  7. MLM yang transparan terhadap membernya. Jika sistem Marketing Plan tidak Transparan, lebih baik jangan gabung. Apalagi sistem yang banyak ini itunya. Daftar saja di Bisnis MLM yang mudah dan transparan. 
  8. Jika Malas kelayapan untuk Presentasi ataupun seminar-seminar, Pilih MLM yang sudah Go Pemasaran secara online. Kita gunakan Internet sebagai media menjelaskan produk MLM itu. Saya asalnya benci MLM karena hal-hal di atas dan paling malas kelayapan untuk presentasi dan sebagainya. Nah, di  MLM yang baik, kita dibantukan dengan Web Support siap pakai, jika Anda Join di Grup Online. Anda cukup mempromosikan Web tersebut untuk menjalankan bisnis MLM ini. Contoh web yang mempromosikan MLM yang baik adalah seperti ini, yaitu:  www.tekanini.com/usahabiznisku.
Nah inilah cara menyiasati bisnis MLM yang sebelumnya sangat dibenci, menjadi SANGAT-SANGAT “BENCI” ( benar-benar CINTA ), karena bisa dijalankan dari Rumah, via Internet, Tanpa Kelayapan dan Tepuk Tangan, namun potensinya sungguh luarrr biasa…

Semoga bermanfaat !!!

Artikel Terkait

1 komentar:

Sehat dan Sejahtera@Vemma Business mengatakan...

informasinya sangat bagus
anda akan sukses bisnis MLM jika produknya anda butuhkan dan cocok anda konsumsi bersama keluarga
selama Produknya cocok .. Bisnisnya akan cocok, karena anda adalah testimonial dan bukti berjalannya

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb