Kamis, 01 November 2012

Bisnis Penyewaan Komik

Usaha rental atau penyewaan komik menjadi salah satu alternatif peluang usaha yang bisa dijalankan dari garasi rumah Anda.
Usaha penyewaan komik ini menjadi salah satu alternatif dalam mencari uang, khususnya bagi Anda yang memiliki hobi membaca komik.

Dalam penyewaan komik, novel dan buku-buku lain kepada masyarakat dengan harga tertentu, maka anda bisa menghasikan keuntungan yang lumayan tiap hari.
Untuk memulai usaha penyewaan komik ini anda harus memulainya dengan mengumpulkan komik-komik, novel, buku serta majalah. Yang paling laris disewa oleh masyarakat khususnya mahasiswa atau kaum muda adalah majalah tentang komik, novel, fashion dan hiburan.

Sementara itu komik juga sangat laris disewa oleh anak-anak sekolah dan juga mahasiswa untuk sekedar hiburan disela kesibukan belajar. Anda bisa memulai usaha tersebut dengan mengumpulkan komik, majalah, novel milik anda dulu dan juga membeli dari pasar loak atau pasar barang second.
Jika membeli di pasar loak anda akan mendapat harga yang sangat murah dan sebaiknya pilih novel, majalah, atau komik yang masih cukup bagus untuk dibaca.

Tips Membuat Penyewaan Komik Anda Laris

Untuk membuat usaha penyewaan komik anda laris manis bak kacang goreng, permak sedikit buku tersebut dengan mengelem bagian yang sudah sobek dan menyampulnya dengan sampul plastik transparan.
Dengan sedikit sentuhan tersebut, anda sudah bisa memberi tarif sewa antara Rp. 1000 – Rp 2.500 per buku tergantung tebal buku dan harga anda saat membelinya. Dengan demikian, anda akan mendapat keuntungan dengan tanpa bekerja keras tiap hari.

Anda perlu menyediakan juga tempat yang cukup luas dan nyaman, biasanya untuk ukuran minimal 4×6 meter sudah cukup untuk digunakan sebagai usaha penyewaan komik dan novel ini.
Berikan kenyamanan berupa kipas/AC, penyejuk udara dan tempat duduk yang empuk dan nyaman.
Usaha penyewaan rental komik ini bagusnya jika dibuka di sekitar sekolahan atau kampus.

Modal usaha yang diperlukan untuk membuka usaha penyewaan komik

tips usaha rental komik 

1. Membeli koleksi bacaan komik

Kita harus membeli komik-komik bekas yang masih layak untuk dibaca, harganya sekitar 5 rb rupiah per buku, ada juga yang bisa kita beli secara paketan.
Untuk awal kita minimal mesti menyedikan sekitar 2000 jilid komik terbitan lama. Jadi kalau kita kalikan bisa sekitar 10 jutaan hanya untuk koleksi komiknya saja
Untuk koleksi judul-judul komik  yang baru minimal kita perlu koleksi sebanyak 15-20 judul komik baik itu terbitan elex media maupun yang lain.
Total modal untuk koleksi komik bisa mencapai 15-20 juta rupiah

2. Untuk rak komik bisa kita beli @Rp. 300 ribu, dibutuhkan sekitar 10 rak, jadi modal yang dibutuhkan untuk rak  sekitar 3 jt rupiah

3. Untuk sewa tempat usaha, dengan ukuran 4×6 meter biasanya berkisar antara 7-10 juta rupiah.

Jadi modal awaln yang dibutuhkan sekitar 30 jutaan …

Nah berikut adalah estimasi pendapatan usaha rental komik :
- Pendapatan sewa dari komik lama @ Rp 1000 dengan rata-rata sewa sebanyak 200 komik/hari total sewanya Rp 200 ribu/hari atau sampai 6 juta/bulan.
- Pendapatan sewa dari komik baru dan Rp 1500-Rp. 2000,- untuk komik baru dengan rata-rata sewa 50 komik /hari total sewanya Rp.75 rb – Rp. 100 rb/hari atau bisa sampai 3 Juta/bln.
Asumsi ada 100-150 member dengan rata-rata peminjaman 3-5 komik baru dan lama
Jadi pendapatan per bulan kurang lebih sekitar Rp 9 juta-an
Dipotong biaya operasional (1 orang karyawan dan biaya listrik)/bulan sebesar 1 jt rupiah, penyusutan tempat 700-1 juta/bulan dan penambahan komik baru sebesar 2  juta rupiah/bln  maka sisa pendapatan usaha rental komik kurang lebih sebesar 5 jutaan/ bulan.
Dengan perhitungan tersebut maka BEP kurang lebih sekitar 6 bulan.
Nah selain membuka penyewaan komik ini bisa diikuti dengan usaha pendukung yang lebih banyak seperti, kafe, penjualan pulsa, rental DVD, dll


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb