Rabu, 07 November 2012

Peluang Usaha Salon Kecantikan

Tak dapat dipungkiri berdandan dan tampil rapi adalah bagian dari kehidupan kaum wanita. Mereka gemar tampil rapi dan menarik sebagai bagian dari citra wanita yang selalu ingin terlihat cantik. Untuk menjaga penampilan, selain berolah-raga, makan makanan bergizi, adakalanya kaum hawa juga pergi ke tempat-tempat perawatan kecantikan. Nah, kenapa tak kita coba lirik Peluang Usaha Salon?

Apa saja sih jasa-jasa yang disediakan oleh salon kecantikan? Beragam tentunya. Antara lain yaitu perawatan wajah seperti facial, totok, masker. Perawatan rambut seperti hair-spa, creambath, weaving, bonding dan colouring. Ada juga perawatan tubuh seperti massage, masker tubuh, mandi susu. Bahkan ada pula perawatan daerah intim, yaitu dengan ratus/ penguapan.

Wah? Nggak menyangka ya, sedemikian komplit perawatan yang dilakukan kaum Hawa, maka tak salah jika peluang usaha salon makin menjamur dimana-mana. Beberapa pengusaha salon terkemuka di tanah air sudah tak dapat dipungkiri lagi nama besarnya, seperti nama Rudi Hadisuwarno, Johny Andrean, Peter Saerang dan almarhum Johny Danuarta. Nama-nama ini sudah demikian membahana di kancah dunia kecantikan dan tata rambut.

Sulitkah untuk bertahan di peta persaingan peluang usaha salon? Kunci utamanya barangkali adalah customer satisfaction, kepuasan pelanggan. Wanita adalah makhluk yang sedemikian terkenal sifat sosialnya. Jika seseorang merasa puas dengan pelayanan sebuah salon kecantikan, promosi gratis akan beredar dari mulut ke mulut. Kerabat dan teman dekat adalah pasar utama yang akan datang menyusul kepuasan customer pertama kita. Maka layanan jasa kelas bintang adalah ujung tombak peluang usaha salon.

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam menyiasati peluang usaha salon barangkali adalah lokasi. Tempat usaha yang strategis, mudah dijangkau dan terlihat dari berbagai sudut jalan juga adalah aspek menunjang bagi perkembangan usaha ini. Semewah dan senyaman apapun usaha salon jika terletak di lokasi yang terpencil akan sulit menarik konsumen.

Jika kita rangkum lebih lanjut, peluang usaha salon sebaiknya memperhatikan hal-hal sbb.:
  • Target Konsumen

    Konsumen yang ingin kita jangkau siapakah? Gadis-gadis remaja? Wanita pekerja? Ibu-ibu rumah tangga atau wanita paruh baya? Jika segmentasi market telah kita buat. Kita buat persiapan yang sesuai dengan target market.
  • Lokasi Usaha

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Lokasi usaha sebaiknya tempat yang berpeluang besar untuk menarik konsumen dalam arti strategis.
  • Dekorasi Salon

    Target konsumen menentukan dekorasi salon kita. Jika target kita adalah gadis remaja/ pelajar putri, barangkali kita dapat membuat salon dengan dekorasi warna-warna ceria. Penyediaan produk-produk kecantikan ringan untuk remaja.  
  • SDM Pekerja Salon

    Untuk bekerja di salon dibutuhkan orang-orang dengan keterampilan khusus. Banyak pengusaha salon yang kurang memperhatikan segmen ini. Kadangkala mereka merekrut pegawai tanpa ketrampilan yang memadai akibatnya pelanggan menyesal dan tak berminat kembali ke salon tersebut.
  • Bahan dan Alat-Alat Perawatan Kecantikan

    Bahan untuk merawat kecantikan sebaiknya dipilih bahan yang berkualitas dan tidak membahayakan kesehatan. Alat perawatan kecantikan juga harus terpelihara baik dan bersih. Perlu diperhatikan juga perkembangan teknologi, sehingga barangkali secara berkala dapat ditambahkan alat-alat baru.
  • Konsultan Usaha/Waralaba

    Peluang usaha salon adalah peluang usaha yang unik dan butuh ketelitian serta kecintaan pada dunia perawatan kecantikan. Tidak ada salahnya jika kita mencari konsultan usaha atau barangkali justru membeli waralaba usaha salon yang sudah berjalan untuk mempermudah kita memulai usaha tersebut.
Nah, jika Anda adalah seorang wanita yang gemar memanjakan diri di salon, mengapa tak Anda lirik peluang usaha salon ini?

Sumber :
http://www.anneahira.com/peluang-usaha-salon.htm

 

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb