Selasa, 13 November 2012

Tips Memilih Tempat Usaha

tempat_usaha

Jika ditanyakan kepada Anda apa kriteria tempat usaha yang baik. Banyak orang menjawab tempat yang strategis. Namun sebenarnya apakah makna dan arti kata “strategis” tersebut ? Menurut kamus besar Bahasa Indonesia salah satu arti kata strategis adalah baik tempatnya. Baik disini memiliki arti sesuai dengan tujuan diletakkannya sesuatu tersebut.

Dalam dunia wirausaha, arti kata strategis bisa menjadi sangat luas namun fokus, dalam tulisan kali ini kita akan mencoba membahas arti dan makna strategis dalam konteks penentuan tempat usaha.

Ciri Tempat Usaha Ideal

a. Berada dalam jangkauan konsumen (target pasar)

Tempat usaha yang baik haruslah mudah dijangkau oleh konsumen dari produk yang kita jual. Semakin dekat kita dengan konsumen akan semakin lebih baik dan menguntungkan. Setiap orang pasti menginginkan kemudahan dan kecepatan, maka mendekati konsumen adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memenangkan kompetisi.

b. Memiliki akses jalan yang memudahkan konsumen

Terkadang dekat saja tidak cukup, tempat usaha yang akan kita pilih juga harus memiliki akses jalan yang mudah bagi calon konsumen produk kita. Hal ini harus sesuai dengan karaketristik calon konsumen produk yang kita bidik. Misalnya produk yang kita jual adalah produk premium dengan kualitas diatas rata-rata dengan target market (konsumen ) yang ingin kita bidik adalah konsumen dengan kemampuan ekonomi diatas rata-rata, maka menjadi keharusan bagi kita untuk memilih tempat usaha yang mudah dilewati kendaraan besar atau roda 4.

Konsumen saat ini mempunyai kemampuan ekonomi diatas rata-rata tentu sebagian besar memiliki kendaraan roda 4 (mobil), akan memberikan image yang sangat negatif bila ada calon konsumen yang menemui kesulitan mencapai tempat usaha kita karena jalan yang sempit, rusak atau bahkan samasekali tidak bisa dilewati kendaraan roda 4 sehingga calon konsumen harus memarkir kendaraannya jauh dari tempat usaha kita.

c. Tempat usaha harus memiliki area parkir yang memadai


Mungkin sebagian besar diantara Anda pernah mengalami hal ini, Anda berniat membeli suatu barang, namun ketika mendapati bahwa Anda sulit menemukan tempat parkir bagi kendaraan akhirnya kita memutuskan membeli barang tersebut di toko lain yang memiliki sarana parkir lebih memadai. Memadai disini tidak hanya berarti mencukupi tetapi juga berarti mudah dan aman.

Salah satu contoh kasus di salah satu kota yang membuka sebuah restoran di lokasi yang strategis, di tengah kota dengan akses jalan yang lebar. Namun sayangnya tempat parkir yang disediakan meski cukup luas namun menyulitkan dengan kemiringan hampir 40 derajat. Tentu saja hal ini membuat konsumen kesulitan memarkir kendaraannya dan kalaupun bisa masih menimbulkan kekhawatiran kalau kendaraannya mundur atau melorot kebawah.

Setelah 3 bulan beroperasi, restoran tersebut harus ditutup karena kurangnya pembeli. Arti kata memadai yang lain adalah aman, tempat parkir yang aman memberikan rasa nyaman kepada konsumen dan rasa nyaman akan membuat konsumen senang membelanjakan uangnya untuk membeli produk kita.

Itulah beberapa tips bagi Anda dalam memilih lokasi tempat usaha. Dalam dunia yang berkembang dan bergerak semakin cepat dewasa ini tentu penentuan lokasi tempat usaha tidak bisa lagi kita nomorduakan apalagi Anda sepelekan. Sekarang semua dituntut untuk dapat bergerak lebih cepat, maka dalam berwirausaha jika konsumen bisa lebih mudah dan lebih cepat menemukan Anda dibanding kompetitor, maka nantinya akan menjadi sebuah keunggulan yang mutlak bagi Anda untuk memenangkan kompetisi tersebut. (*artikelwirausaha.com)



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb