Rabu, 31 Oktober 2012

Peluang Usaha Perpustakaan dan Toko Buku

Anda termasuk jenis orang yang gemar membaca dan membeli buku? Pernahkah anda pusing mau diapakan buku-buku tersebut? Eits …..jangan terburu-buru untuk membuang buku-buku tersebut. Dengan kemauan dan usaha yang sungguh-sungguh buku-buku tersebut bisa menjadi peluang usaha mendatangkan uang untuk anda, koleksi buku yang sudah anda miliki sebagai modal awal usaha anda tentunya.

Saat ini kegemaran membaca di kalangan anak muda Indonesia sudah cukup baik. Rasa haus akan ilmu pengetahuan tampaknya mendasari hal tersebut. Namun minat yang tinggi terkadang tidak dibarengi dengan kemampuan mereka untuk membeli buku. Di Indonesia, untuk sebagian orang, buku masih menjadi barang yang mahal, karena itu alternatifnya adalah meminjam ke perpustakaan. Akan tetapi perpustakaan yang umumnya terdapat di sekolah-sekolah memiliki koleksi buku yang terbatas dan keragaman yang terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan saja. Hal ini semakin membuat peluang usaha perpustakaan ataupun berbisnis buku terbuka lebar.

Bisnis ini mempunyai prospek yang baik, buku yang ada bisa dipinjamkan berkali-kali hingga memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Untuk lokasi sebaiknya dicari tempat yang dekat dengan sekolah ataupun kampus. Jika hanya meminjamkan buku, usaha anda akan cenderung berjalan lambat. Karenanya, anda dapat menggabungkannya dengan usaha Toko Buku. Anda dapat pula bekerjasama dengan penerbit buku kecil untuk menjual buku-buku mereka. Bahkan akhir-akhir ini ada kecenderungan penerbit kecil yang mampu menghasilkan buku bagus yang banyak dicari orang. Buku ini biasanya tidak masuk jaringan toko buku besar. Ini bisa menjadi peluang untuk memberikan nilai plus pada usaha yang akan kita tekuni.

Langkah Awal Berbisnis

Beberapa tahapan yang harus dijalani untuk mulai bisnis ini adalah sebagai berikut :
  • Pemilihan lokasi.  Faktor lokasi sangat berpengaruh untuk bisnis jenis ini. Lokasi yang mempunyai prospek yang baik adalah lokasi di sekitar kampus ataupun sekolahan dan tidak harus ditepi jalan raya. Sebisa mungkin ada tempat untuk membaca.
  • Koleksi buku. Pilihan buku dengan beragam topik. Untuk menambah koleksi, anda dapat membeli buku di tempat penjualan buku murah. Bahkan anda dapat mencari di tempat penjualan buku bekas karena terkadang ada jenis buku-buku lama yang bernilai tinggi yag hanya dapat kita dapatkan di tempat ini, dengan harga yang murah tentunya.
  • Pengaturan tata ruang. Sediakan rak-rak buku, meja dan kursi yang ditata sedemikian rupa sehingga nyaman bagi pengunjung.
  • Menentukan sistem peminjaman yang akan anda terapkan. Ada baiknya jika anda menerapkan sistem kewajiban member menyimpan sejumlah uang tertentu sebagai akun. Uang tersebut dapat diambil jika member memutuskan akan keluar sebagai member. Selain itu, selalu meng-update data member secara berkala.
  • Buatlah sistem keluar masuk buku dengan benar.
  • Untuk toko buku, buatlah ruang terpisah dengan perpustakaan.
  • Menentukan strategi pemasaran agar banyak pengunjung datang ke tempat anda.
Hambatan Bisnis

Dalam setiap usaha pasti ada beberapa hambatan yang akan dihadapi. Dengan mengetahui kemungkinan hambatan yang ada kita dapat mengantisipasi masalah tersebut sehingga bisnis kita berjalan lancar. Hambatan yang mungkin kita hadapi dalam bisnis ini antara lain :
  • Masih kurangnya minat membaca dan membeli buku di kalangan masyarakat umum.
  • Buku yang dipinjam hilang atau rusak
  • Adanya pesaing lain. Untuk hal ini buatlah usaha anda berbeda dari tempat yang lain.
  • Buku-buku yang tidak terjual. Anda dapat menyiasati sistem perjanjian dengan penerbit.
Strategi Bisnis

Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menarik minat pembaca ataupun pembeli buku untuk datang ke tempat anda, diantaranya :
  • Selalu update akan informasi buku-buku baru dan secara berkala lengkapi koleksi buku anda, sehingga pengunjung tidak kecewa ketika mencari buku yang dibutuhkannya tidak tersedia di perpustakaan ataupun toko buku anda.
  • Berikan informasi bisa berupa papan pengumuman akan jenis-jenis buku baru yang tersedia. Promosikan bahwa tempat anda selalu update koleksi buku-bukunya.
  • Buatlah perpustakaan dan toko buku anda selalu ramai. Anda dapat bekerjasama dengan penulis pemula dari kalangan pelajar ataupun mahasiswa di tempat anda untuk launching buku ataupun mengadakan kegiatan seperti bedah buku dsb.
  • Buatlah tata ruang yang nyaman sehingga pengunjung senang dan betah berada diperpustakaan dan toko buku yang anda miliki.
  • Khusus untuk member, anda dapat memberikan bonus ataupun promo-promo seperti gratis peminjaman 1 buah buku setiap meminjam 3 buku.
  • Tidak ada salahnya jika anda juga memberikan layanan antar jemput, tentunya dengan kondisi tertentu misalnya peminjaman diatas 3 buku dsb.
Analisis Bisnis

Harga sewa buku dapat anda tentukan sebesar 10 persen dari harga buku. Harus dibedakan pula antara koleksi buku lama dan buku baru, misalnya saja untuk buku-buku baru peminjaman tidak lebih dari 1 minggu. Dengan asumsi tersebut, buku anda akan menghasilkan laba jika sudah dipinjam sebanyak 10 kali. Berikut contoh analisis bisnis anda :

Modal awal :
*Peralatan :
Renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000,-
Rak buku kayu Rp. 3.000.000,-
Meja administrasi Rp. 300.000,-
Karpet + bantal Rp. 750.000,-
Meja + kursi plastik Rp. 750.000,-
Dekorasi interior Rp. 300.000,-
Jumlah Rp. 7.100.000,-
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 th dan memiliki nilai residu Rp. 1.000,- dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan pertahun = (rp. 7.100.000,- – Rp. 1.000,-)/4 = Rp. 1.774.750,- pertahun atau sama nilainya dengan Rp. 147.895,- perbulan.
Koleksi buku dan majalah (bacaan) Rp. 2.500.000,-
Koleksi buku untuk dijual Rp. 1.000.000,-

*Perlengkapan :
Kalkulator Rp. 75.000,-
Kantong plastik Rp. 100.000,-
Kartu anggota Rp. 100.000,-
Alat tulis Rp. 100.000,-
Jumlah Rp. 375.000,-

Perhitungan Laba/(Rugi) per Bulan
Pendapatan :
Pemasukan dari peminjaman + penjualan buku
Rp. 150.000,- x 30 hari Rp. 4.500.000,-
Biaya-biaya :
Harga poko buku Rp. 1.000.000,-
Sewa tempat Rp. 500.000,-
Listrik + air + telepon Rp. 300.000,-
Gaji karyawan Rp. 650.000,-
Listrik Rp. 100.000,-
Biaya perlengkapan Rp. 375.000,-
Biaya penyusutan peralatan Rp. 147.895,-
Jumlah biaya Rp 3.072.895,-
Laba bersih Rp. 1.427.105,-

Selamat berbisnis….

Sumber :
http://binaukm.com/2010/10/peluang-usaha-perpustakaan-dan-toko-buku-diskon/

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb