Sabtu, 06 Oktober 2012

Apakah Investasi Online Berarti Money Game?

Investasi HYIP
Pertanyaan ini kerap muncul di benak para calon investor. Money gamekah ini? Bila Anda familiar dengan term ponzy scheme (Anda bisa baca penjelasan wiki tentang ini di sini), Anda tentunya mengerti dengan beberapa skema investasi yang disebut money game itu seperti apa. Money game pada prinsipnya sebuah skema perputaran uang dimana Anda dibayar dengan uang yang diinvestasikan orang lain.

HYIP website yang menjadi tempat kita mencoba peruntungan investasi online memang menawarkan bonus yang besar-besaran. Menimbulkan kecurigaan bahwa kita sebenarnya sedang ditipu dengan dibayar melalui mekanisme money game. Sehingga pada satu titik ketika neraca finansial mereka minus, mereka akan segera gulung tikar.

Hal ini mungkin saja, tetapi konsep HYIP yang legitimate pada prinsipnya harusnya bukanlah sebuah money game. Hal ini karena mereka mengaku membantu memutarkan modal investor di jenis-jenis investasi high return yang ada di pasaran seperti forex, egold, indeks, dll. Sebagai gantinya mereka membayar para investor mereka dengan flat return atau bunga tetap.

Dalam money game, biasanya penyelenggara website memang memungkinkan kita berinvestasi dengan kapital yang kecil, lalu mereka meminta kita mereferensikan website mereka, dan mengajak orang lain untuk masuk dengan jumlah yang sama, terus menerus sehingga menyusun sebuah piramida (sistem binary). Nah yang seperti ini yang sangat transparan money gamenya. Pada skema semacam ini, mereka yang di bawah, yang join terakhir akan apes.

Ponzy Scheme

Pada website HYIP professional, meskipun menyediakan pula sistem referral alias mereferensikan website mereka, tapi itu di luar pendapatan pasif yang kita dapatkan sebagai bentuk bunga hasil investasi kita.
Di HYIP ini siapa pun bisa join tanpa sponsor atau tanpa melalui member lain. Syaratnya asal punya deposit di rekening lembaga online yang terdaftar pada menu payment mereka. Seperti Liberty Reserve, AlertPay, Webmoney, dll.
Kalau pun kita masuk dengan referensi sponsor, tetap saja transfer uangnya dilakukan langsung kepada company yang bersangkutan.
Apa fungsi referral ini? Fungsinya bagi kita investor adalah untuk menambah bonus investasi kita, sebagai kompensasi karena kita sudah membantu mereferensikan perusahaan tersebut. Jadi semacam bonus member get member. Which is type of ordinary marketing these days.

Jadi pertanyaannya apakah berinvestasi seperti ini money game? Tidak, kalau kita menjawabnya dari sisi kita selaku member, selama kita sedang tidak melakoni usaha dimana bonus kita dibayar hanya bila kita merekrut member baru. Karena di sini kita murni menerima pasif income, dengan atau tanpa kita merekrut member baru. Tidak ada kewajiban referral di sini. Kita sama sekali tidak dibayar dengan uang member baru yang registrasi, tapi dibayar dengan dividen dari modal yang diputar perusahaan di media investasi lainnya. Iya money game, bila ditilik dari sisi perusahaan, bilamana perusahaan memang menipu kita dengan tidak memutarkan modal yang masuk, tetapi hanya bergantung pada penambahan jumlah member baru. Karena itu, sebelum memilih HYIP yang tepat, berbagai faktor harus kita perhatikan dengan baik, untuk menakar resiko yang mungkin muncul.

Apakah sistem binary money game?
Ya sistem binary money game, karena masuk dalam kriteria ponzy scheme atau pyramid scheme.
Tapi sekali lagi, sulit untuk kita benar-benar bisa melihat akar sampai ke perusahaan, apakah mereka benar-benar hanya membayar kita dengan uang investor yang baru atau tidak, bila sistem ini tidak murni menjadi basis pengumpulan modalnya.
Transparansi perusahaan memang penting di sini. Bila kita tidak naif, memang semua yang menyangkut perputaran uang pada prinsipnya adalah sebuah money game. Tetapi money game dalam arti yang luas.
Perusahaan investasi yang legitimate, adalah perusahaan yang melakukan pengumpulan modal, berbagi profit, dan mengelola modal untuk terus berputar dengan peningkatan laba. Tidak ada yang bisa menjamin, perusahaan akan selalu untung. Karenanya ketidakmampuan sebuah perusahaan HYIP dalam membayar dividen investor belum tentu hanya semata faktor berkurangnya modal investor yang masuk semata (meski nanti dalam pembahasan resiko, hanya indikasi ini yang kita bisa lihat dan bisa kita takar)
Namun, itu kita meniliknya dari perusahaan, dari kita sendiri selaku investor, bisa saja kita kemudian berada dalam pola atau lingkaran money game saat kita bergerak mengembangkan jaringan dengan sistem binary. Atau tanpa kita sadari, setiap kita masuk berinvestasi di dalam website HYIP dengan atau tanpa sistem binary, sebenarnya kita sendiri berada pada lingkaran money game.

Jadi meski binary belum tentu money game?
Dari sisi perusahaan iya. Karena HYIP tidak murni bermain di binary. HYIP memberikan pasif income. Binary adalah pola network mereka demi mendapatkan investor baru. Binary pada beberapa perusahaan HYIP (khususnya yang bergerak di Indonesia) adalah sistem tambahan untuk kita selaku investor mendapatkan aktif income.


Sumber :
http://boominginvestasionline.com/memulai-investasi-online/apakah-investasi-online-berarti-money-game/

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://gg.gg/videobuatweb