Memulai
bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang klasik,
banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak jarang membuat orang urung
memulai bisnis. Semestinya memulai bisnis tidak menjadi salah satu
sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan ketakutan dalam
memulai bisnis, seseorang bisa membuat persiapan bisnis yang matang
sehingga dapat menjalaninya dengan optimistis.
Salah
satu seminar Gerald Abraham salah seorang penasehat bisnis pada suatu
firma hukum juga pemilik dan direktur konsultan keuangan di tahun 2006,
berisi tentang menjadi sukses dengan memahami 9 aspek penting sebelum
memulai usaha.
1.
Memahami konsep produk atau jasa secara baik.
Sebelum memulai suatu
usaha maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita akan konsep produk
atau jasa yang akan menjadi bisnis inti. Kita perlu memahami bukan hanya
secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek mulai daripada
lingkungan yang terkecil kepada lingkungan yang terbesar. Dalam topik
ini dibahas secara menyeluruh aspek-aspek yang penting dalam melakukan
analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang
sama sekali baru dengan melihat sisi human behavior, kebutuhan pasar dan
lainnya.
2. Membuat
visi dan misi bisnis.
Setiap orang yang mau memulai bisnis harus
mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan seseorang untuk tetap
fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi yang awal. Seringkali suatu
usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami
kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada
peningkatan kemajuan bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba
mengembangkan bidang usaha lain yang baru. Dalam topik ini setiap orang
akan belajar bagaimana membuat visi dan misi dalam kaitannya dengan
latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang akan anda rintis.
3.
Perlunya winning, positive dan learning attitude untuk menjadi sukses.
Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha anda selain
daripada pemahaman usaha anda. there is no over night success sesuatu
yang harus dicamkan daripada setiap calon “entrepreneur” karena
dibutuhkan waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar secara
kesinambunga, dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat
anda menjadi patah semangat namun melihat setiap peluang dan belajar
atas setiap kegagalan.Anda akan belajar untuk mengembangkan sikap-sikap
diatas untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang sukses.
4. Membuat
perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha
daripada risiko bisnis dan keuangan.
Secara statistik hampir seluruh
kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau
kurang efektifnya perencanaan bisnis yang anda buat. Asumsi-asumsi
seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi
kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis
haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang
ada dalam suatu industri. Sistematika perhitungan dan proyeksi
pendapatan dan biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap
calon pengusaha untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi
dan modal kerja termasuk struktur biaya untuk persiapan awal, tahap
percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran,
administrasi, sumber daya manusia dan juga komponen pendapatan usaha
yang terdiri dari pendapatan inti dan tambahan. Pemahaman yang baik atas
hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat
mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan
membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap
resiko tersebut.
5.
Pengetahuan dasar manajemen, organisasi dan sistem akan menghindari
usaha daripada risiko manajemen.
Setiap usaha dari yang paling kecil
sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses
pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik.
Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak
perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak produktif
karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak
jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif
sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak
efektif sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak
waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas
pegawai yang rendah dan masih banyak lagi permasalahan organisasi. Dalam
topik ini kami akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek yang
sangat penting yang harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur
untuk menghindari resiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan
usaha.
6.
Optimalisasi sumber daya manusia maka 50% usaha Anda sudah berhasil.
Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan
usaha yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanya untuk
memulai usaha seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan
berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan
sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat maka kita sudah
setengah jalan untuk menjadi sukses. Topik ini akan membantu kita untuk
memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha,
manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaian kinerja pegawai
sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan juga bagaimana memotivasi
pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk
mengoptimalkan kinerja pegawai.
7. Mengapa
kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusan sangat
penting?
Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan
mengalami banyak permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadi
karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang
tepat untuk mencari solusi yang baik. Kreativitas seperti “thinking
outbox” atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman
yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat
membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga akan sangat
membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapat diterima
oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha anda.
Kepemimpinan sangat penting dalamkrisis untuk membuat setiap pegawai
dan semua orang yang terlibat dalam usaha anda percaya bahwasanya anda
tidak panik, menjadi tempat last resort solusi atas semua permasalahan
dan menjadi panutan. Proses Pembuatan Keputusan akan membantu anda dalam
mencari alternatif solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha dan
organisasi anda. Dalam topik ini anda akan mendapatkan cara-cara
mengembangkan kreativitas usaha anda, ciri-ciri kepemimpinan yang cocok
dengan latar belakang pribadi anda dan bagaimana proses yang benar dalam
membuat keputusan dalam setiap permasalahan.
8.
Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan.
Pemahaman atas
aspek ini adalah sangat penting dalam perkembangan usaha anda.
Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak
baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat
produksi dan lainnya. Dalamtopik ini akan dibahas pengetahuan dasar atas
cash flow atau arus kas yang seperti darah dalam tubuh manusia, biaya
pendanaan, pembiayaan modal kerja dan investasi, struktur modal, aset
perusahaan, penyertaan modal dan lainnya.
9.
Pemasaran, pelayanan dan product brand.
Pemasaran merupakan ujung tombak
keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apapun produk atau jasa
tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat
penjualan dan keuntungan usaha. Di lain pihak tanpa pelayanan yang baik
kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh
pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha. Dengan
pelanggan yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena
pelayanan yang baik akan menciptakan product brand yang baik kepada
calon pelanggan baru. Dalam topik ini akan dibahas secera menyeluruh
semua aspek penting dalam membuat strategi pemasaran, identifikasi
pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan product
brand dan efeknya kepada keberhasilan usaha.
Sumber :
http://wirausahainfo.blogspot.com/2012/04/tips-persiapan-sebelum-memulai-bisnis.html
0 komentar:
Posting Komentar